Peluang usaha bisa muncul dari sekitar kita, bahkan pada situasi yang tidak terduga sekalipun. Peluang usaha juga akan terlihat jika kita benar-benar jeli melihat kebutuhan yang ada di masyarakat. Ide bisnis adalah respon seseorang, atau sekelompok orang, atau suatu organisasi ntuk memecahkan masalah yang telah teridentifikasi di masyarakat atau untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan di sebuah lingkungan masyarakat (pasar, komnitas, dan lain-lain). Menemukan ide yang bagus adalah langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreatifitas wirausaha menjadi peluang bisnis. Peluang bisnis bukanlah peluang jika kita tidak sanggup menemukan tindakan yang mungkin dan layak untuk mewujudkannya.
Ide bisnis yang bagus adalah penting, atau bahkan merupakan prasyarat untuk meraih keberhasilan dalam bisnis. Namun demikian, ide bisnis yang bagus biasanya tidak tiba-tiba datang kepada wirausaha, tetapi merupakan hasil dari kerja keras dan upaya yang tidak mengenal lelah dari wirausaha untuk membangkitkan peluang, mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang tersebut secara terus menerus.
Sumber-sumber ide bisnis, yaitu:
- Hobi/minat
- Keterampilan dan pengalaman
- Media massa (koran, majalah, tv, internet)
- Pameran
- Survey
- Keluhan-keluhan
- Curah pendapat
- Kreatifitas
Menurut Rodney Overton, ada empat sumber ide-ide bisnis, yaitu:
Inspirasi
- Inspirasi adalah suatu ide yang datang kepada seseorang ketika orang tersebut melakukan sesuatu. Dimana kemampuan mendapat ide sangat ditentukan oleh pengalaman, wawasan, motivasi, dan kapabilitas.
Kebetulan
- Peristiwa yang tidak terduga bahkan bisa terjadi karena kekeliruan yang kemudian melahirkan ide bisnis.
Konsumen
- Melihat dari perubahan masyarakat yang sedang terjadi.
Teknik-teknik formal
***JANGAN LUPA KASIH JEMPOL, BURUNG, SAMA PLUS-PLUSNYA YA!!!***